Minggu, 10 Maret 2013

Gambar dan Makna dari Bendera di Negara Kawasan Asia Tenggara



1. Bendera Thailand atau dalam Bahasa Thai(bahasa Thailand): Thai Trairong yang artinya bendera tiga warna. yaitu Merah-Putih-Biru yang melambng kan "Negara-Agama-Raja". bendera ini diresmikan pada tanggal 28 september 1917.
2.  Bendera Laos ini terdiri dari tiga Jalur. Di tengah terdapat cakra putih. Warna merah melambangkan darah mereka yang terkorban untuk kemerdekaan Laos dan biru melambangkan kekayaan sumber daya alam. Cakra putih melambangkan bulan yang mengembang di atas Sungai Mekong dan juga kerukunan negara di bawah pemerintahan komunis.
3. Bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih. Bendera ini berbentuk empat persegi panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama. Merah memiliki artinya Berani dan Putih adalah Suci
 

4. Bendera Malaysia atau disebut  Jalur Gemilang. Jalur Gemilang bercorak 14 garis (jalur) merah dan putih (melintang) yang sama lebar, di mana jumlah 13 melambangkan jumlah negara bagian atau persekutuan, yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Pulau Pinang, Perak, Perlis, Sabah, Sarawak, Selangor dan Terengganu. Bagian yang berwarna biru tua di atas sebelah kiri melambangkan perpaduan rakyat Malaysia. Bagian biru tua memuat gambar bulan sabit melambangkan Agama Islam - agama resmi Malaysia. Bintang pecah 14 adalah tanda perpaduan 13 buah negeri dan Kerajaan Persekutuan. Warna kuning pada anak bulan dan bintang adalah warna Diraja bagi Duli-duli Yang Maha Mulia Raja-raja. warna merah pula melambangkan keberanian dan warna putih pula melambangkan kesucian. yang terakhir pula yaitu warna biru melambangkan perpaduan.



5. Bendera Kamboja terdiri dari jalur biru di atas dan bawah dan jalur merah di tengah (rasio 1:2:1) yang diisi dengan gambar Angkor Wat

6. Bendera Filipina diadopsi tanggal 12 Juni 1898. Bendera ini merupakan bendera dwiwarna biru dan merah dengan sebuah segitiga sama sisi putih di sisi tiang. Di tengah-tengah segitiga tersebut terdapat simbol matahari kuning dengan delapan sinar, masing-masing terbagi menjadi tiga; di sudut segitiga terdapat bintang bersegi lima kuning.
Bendera ini dipasang dengan warna biru di atas pada masa damai, dan warna merah di bawah pada masa perang.

7. Bendera Timor Leste mulai digunakan pada 2002. Merah menandakan perjuangan menuju kemerdekaan. Hitam menandakan ketertutupan yang harus dilawan. Kuning menandakan sisa-sisa kolonialisme dalam sejarah Timor Timur. Bintang terang melambangkan penunjuk jalan yang benar dan perdamaian.

8. Bendera Singapore ini diperkenalkan pada 3 Desember 1959 sewaktu pelantikan Yang di-Pertuan Negara yang pertama, Encik Yusof bin IshakWarna merah bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia. Putih melambangkan kesucian dan kebaikan. Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju. Kelima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura: demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan.
9. Bendera Brunei Darusslam Bendera Brunei diperkenalkan pada 29 September 1959Bendera ini terdiri dari lambang negara di bagian tengah dengan latar belakang warna kuning dan garis hitam dan putih di bidang bendera.
10. bendera Myanmar yang baru diperkenalkan pada tanggal 21 Oktober 2010 menggantikan bendera sosialis sebelumnya yang telah digunakan sejak tahun 1974. Bendera yang baru ini terdiri dari tiga jalur warna horizontal: kuning, hijau, merah, dengan sebuah bintang segilima bewarna putih di tengah-tengahnya.
11. Bendera Vietnam diperkenalkan pada 30 November 1955. Bintang kuning di tengah melambangkan kepimpinan Partai Komunis Vietnam di negara itu. Pecahan di bintang melambangkan para buruh, petani, tentara, cendekiawan dan pemuda. Warna merah melambangkan kejayaan dan revolusi.

3 komentar:

fendy raynt mengatakan...

makasih infonya dinda....semoga bermanfaat....

azheka blues fun band mengatakan...

thanks buat informasinya :)

dinda amaliacandela mengatakan...

terimakasih juga kunjungannya :)

Poskan Komentar