Kamis, 22 November 2012

Badai Matahari

Serem ya judulnya? hiiiy. Rumornya nih yaa. akhir 2012 katanya ada kiamat. dan ini katanya bersangkutan dengan badai matahari. Jangan percaya deh ya sama kaya begituan oke? ;). Kita mulai yuk artikel tentang Badai Matahari ini. jeng jeng.......
   apaansih badai matahari? Badai Matahari terjadi ketika ada pelepasan seketika energi gelombang elektromagnetik yang terbentuk di atmosfer matahari. Total energi yang dilepaskan  setara dengan jutaan bom hidrogen berukuran 100 megaton. Ilustrasinya tuh, kekuatan bom hidrogen ratusan kali dasyatnya daripada kekuatan bom atom yang pernah dijatuhkan di Nagasaki dan Hirosima untuk ukuran yang sama (kebayang gak?). Radiasi gelombang elektromagnetik itu  dapat menembus lapisan atmosfer pelindung bumi. Hal itu lah yang dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai masalah kehidupan di bumi.
   Badai matahari yang pertama kali tercatat dalam pustaka astronomi adalah pada tanggal 1 September 1859. Dua orang peneliti, Richard C. Carrington dan Richard Hodgson yang sedang mengobservasi bintik matahari melalui teleskop di tempat terpisah, mengamati badai matahari yang terlihat sebagai cahaya putih besar di sekeliling matahari. Kejadian ini disebut Carrington Event dan menyebabkan lumpuhnya jaringan telegraf transatlantik antara Amerika dan Eropa.
   Badai matahari tidak akan membahayakan kehidupan manusia di bumi. Badai matahari juga tidak akan berdampak negatif kepada astronot yang sedang bertugas di luar angkasa. Jadi terjadinya badai matahari tidak ada kaitannya dengan ramalan akan terjadinya kiamat 2012. Namun kejadian ini akan menyebabkan gangguan pada pengoperasian satelit, serta gelombang pendek radio. Hal itu memaksa pihak penerbangan untuk mngalihkan jalur penerbangan. Serangan badai matahari ke bumi menyebabkan aurora dapat dilihat di langit yang tinggi atau juga bisa disaksikan di langit yang lebih rendah.
   sekian dulu yaa artikelnya? jangan lupa ya comentnyaa? ;) trims....

0 komentar:

Poskan Komentar